Sunday, January 3, 2016

Berakhir Pekan ke Pantai Thuwal, Arab Saudi

(dimuat di Harian Pikiran Rakyat September 2013)


***

Kota Jeddah terletak di pesisir barat Saudi. Termasuk salah satu kota yang memiliki wilayah yang bersinggungan langsung dengan laut Merah. Tapi bukan cuma Jeddah yang punya wisata pantai seperti misalnya Corniche Road, yang sering dikunjungi jemaah umrah/haji asal tanah air.

Corniche Beach (Jeddah), Foto : Dani Rosyadi 


Tak jauh dari kota Jeddah, sekitar 80 km di sebelah utara, kita bisa menikmati suguhan pesisir pantai yang tak kalah cantiknya di kota Thuwal. Thuwal sendiri terkenal sebagai lokasi dari KAUST (King Abdullah University of Science and Technology). KAUST adalah sebuah universitas bertaraf internasional dengan fasilitas yang bagus dan relatif mewah.

Istimewanya lagi, dalam kompleks universitas yang masa berdirinya belum genap 5 tahun ini, aturan khas Kerajaan Saudi tidak berlaku. Kaum perempuan dalam wilayah  KAUST tidak harus mengenakan abaya dan boleh menyetir mobil sendiri. Kegiatan-kegiatan sehari-hari pun tidak harus memisahkan tempat antara perempuan dan laki-laki seperti yang berlaku di tempat-tempat umum di seluruh wilayah Saudi lainnya.

Kompleks KAUST tidak terbuka untuk umum. Orang-orang boleh mengunjungi wilayah universitas dan sekitarnya untuk sekadar berekreasi berdasarkan undangan khusus saja.

Pantai Bersih dengan Fasilitas Lengkap

Pantai Thuwal (Arab Saudi), foto : Dani Rosyadi 


Tak susah menemukan lokasi pantai bila sudah tiba di kota Thuwal. Berbagai papan penunjuk jalan menuju salah satu pantai tercantik di pesisir barat Kerajaan Saudi ini tersebar di banyak tempat. Untuk bersantai di pantai Thuwal, kita tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Tidak ada iuran masuk dan semacamnya. Hanya saja, jangan lupa untuk membawa tikar dan bahan makanan sendiri. Karena, di tempat ini tidak ada penjaja makanan seperti umumnya di banyak  tempat-tempat wisata di tanah air.

Tempat parkir yang disediakan luas dan sangat memadai karena tidak terpusat di satu titik. Ada beberapa tempat parkir yang cukup untuk menampung ratusan mobil pengunjung.

Salah satu kelebihan pantai Thuwal dibanding pantai-pantai lain di kota Jeddah dan sekitarnya adalah kebersihan dan kelengkapan fasilitasnya. Di Thuwal, banyak petugas berseragam wara wiri membersihkan berbagai tempat di lokasi tempat wisatanya. Termasuk kamar-kamar mandi yang bebas digunakan oleh siapa saja. Jumlah kamar mandi di sana cukup memadai dan kondisinya bersih dan sangat layak pakai. Sementara di beberapa pantai lain, fasilitas umumnya nyaris tidak ada dan tempatnya kurang terawat.

Pantai Thuwal, foto : Dani Rosyadi 


Di pantai Thuwal, didirikan sebuah bangunan yang dibiarkan terbuka. Hanya ada atap yang menutupi seluruh bagian bangunan dan tiang-tiang penyangga yang berjajar rapi di sisi kanan dan kiri bangunan. Bangunan beton ini dibuat memanjang dan cukup luas untuk menampung hingga ratusan pengunjung.

Tempat Rekreasi Seru Bagi Seluruh Anggota Keluarga

Tidak cuma para orang tua yang ingin melepaskan penat dengan istirahat di atas gelaran tikar sambil memandangi birunya langit yang beradu dengan birunya air laut. Anak-anak pun tidak ketinggalan ingin bermain sepuasnya kala di sana.

Pilihan mereka untuk bersenang-senang tidak hanya dengan berenang. Sebagian anak-anak nampak asyik bermain-main dengan pasir halus yang mendominasi pelataran di pesisir pantai Thuwal.

Perairan di wilayah pantai Thuwal termasuk cukup aman untuk berenang. Karena letaknya bukan di laut lepas. Melainkan di wilayah teluk. Jadi, nyaris tanpa ombak dan pusaran airnya cukup tenang. Tak perlu khawatir melepas si kecil  berlarian ke dalam air bila sudah bosan bercengkrama dengan timbunan pasir.

Buat kaum perempuan dewasa, kostum wajib abaya tetap harus digunakan. Abaya, berupa kain hitam panjang yang menutup hingga ujung kaki tidak boleh dilepas sekali pun para perempuan dewasa ingin beraktifitas dalam air. Sebenarnya ada beberapa tempat yang memungkinkan para perempuan untuk melepas abayanya. Misalnya di wilayah yang termasuk dalam private beach.

Private beach biasanya tidak dibuka untuk umum. Perlu undangan khusus untuk bisa menikmati tempat khusus seperti ini. Kalaupun dibuka untuk umum, kita perlu merogoh kocek untuk membayar biaya masuk.



Pantai Thuwal sendiri termasuk tempat umum. Tidak dikenakan biaya apa pun tapi aturan yang berlaku adalah aturan khas Kerajaan Saudi. Termasuk kewajiban berabaya dalam kondisi apa pun bagi para perempuan dewasa.

Saat senja telah hampir usai, wilayah perairan harus dikosongkan. Ada petugas yang lalu lalang memberi peringatan agar semua pengunjung keluar dari air sebelum gelap datang.

Setelah lelah bermain, silakan membersihkan diri di kamar-kamar mandi yang jumlahnya cukup banyak dan tersebar di berbagai penjuru wilayah pantai. Selanjutnya, marilah bersantai di atas tikar yang boleh digelar di atas pasir atau di atas lantai bangunan terbuka yang saya ceritakan sebelumnya.

Di malam hari, lampu-lampu bangunan akan dinyalakan. Beberapa penjual layangan akan bermunculan. Bila masih sanggup beraktifitas, kita bisa membeli beberapa  buah layangan dan bermain bersama si kecil di bawah siraman cahaya rembulan di tepi pantai.

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung ke Pantai di Saudi

Jika di  banyak negara lain, musim panas adalah saat yang tepat untuk bersantai ke wilayah pantai, tidak demikian dengan Saudi. Saat musim panas, yang biasanya mencapai puncaknya di bulan juni hingga agustus, suhu di malam hari pun rata-rata berada di atas 30 derajat. Saat itu, pengunjung di daerah-daerah pantai akan sangat minim.




Saat yang tepat untuk menyambangi pantai di Saudi adalah ketika musim dingin baru menjelang. Sekitar bulan September hingga januari. Di puncak musim dingin, sekitar bulan februari – april, suhu malam cukup dingin disertai angin kencang di sepanjang senja hingga dini hari.

Orang-orang Arab gemar mengunjungi pantai di sore hingga malam hari. Saat suhu sejuk, tidak terlalu panas atau dingin, tempat-tempat wisata pantai bisa dijejali para pengunjung sejak pukul 4 sore hingga pukul 12 malam.

Nah, bagaimana? Tidak kalah serunya bukan, menikmati pantai di pesisir negeri yang terkenal dengan dominasi padang pasirnya.


***

2 comments: